Bimtek Dan Evaluasi SP4N LAPOR!
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Evaluasi SP4N-LAPOR! Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang Tahun 2024, pada hari Rabu 20 Maret 2024, bertempat di RR. Anusapati, Jl. Merdeka Timur No. 3, Malang yang dihadiri oleh 120 Operator SP4N-LAPOR!.
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang Dr. Ricky Meinardhy, S.T, M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam era keterbukaan informasi, masyarakat dengan begitu mudah dapat menyuarakan ketidakpuasan atas kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dinamika inilah yang menuntut pemerintah merubah pola berinteraksi yaitu dengan membuka ruang diskusi untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam berpartisipasi dan ikut serta mengawal jalannya pemerintahan.
Lahirnya sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional melalui aplikasi lapor! atau yang lebih familiar disebut SP4N-LAPOR! adalah salah satu bentuk inisiasi Pemerintah dalam menyediakan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan laporan, pengaduan ataupun kritik dan saran atas pelayanan publik yang diberikan.
Diharapkan peserta Bimtek dapat melakukan percepatan penyelesaian tindak lanjut pengaduan dan melakukan publikasi serta sosialisasi SP4N-LAPOR! baik pada level admin koordinator maupun Operator penghubung kepada masyarakat sebagai pengguna layanan baik secara online maupun offline.
Kepala Bidang Statistik & Informasi Suci Satri Satiti, ST., MT., menyampaikan tujuan dari Bimtek yaitu dapat mewujudkan arus informasi dan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam hal pengawasan kepada pemerintah dalam kerangka pelayanan informasi kepada masyarakat melalui penanganan pengaduan publik.